Wednesday, April 11, 2007

Learning Multiple Operating Systems

M$ Windows masih mempengaruhi para pengguna komputer. Harus diakui. Tetapi, apakah karena itu kita mesti M$ Windows-minded? No no no…. kita juga mesti melek dunkz. Masih baaaanyak OS yang laennya, misalnya Linux, Sun Solaris, FreeBSD, de el el deh.

Bagi kamu-kamu yang pengen belajar banyak OS, tetapi masih M$ Windows-minded, ada alternatif cara belajar OS selain M$ Windows, tetapi masih dalam platform M$ Windows… Kamu bisa menggunakan software untuk membuat virtual machine seperti vmware. Hmmm… tapi syaratnya cukup berat. Spek kompie kamu mesti tinggi. Prosesor setara P4 1,6 GHz mungkin dah memadai (lebih tinggi lebih bagus). Tetapi yang paling penting adalah RAM. Menurut gw, RAM minimal 512 MB deh… kalo cuman 256… mana cukuuuup… soalnya, walaupun virtual, OS yang bakal diinstal membutuhkan RAM yang sama bila kita menginstal langsung ke ke kompie (secara fisik).

Di bawah ini adalah tampilan pada saat instalasi Ubuntu 6.06 LTS di VMware Workstation 5.5.3. Komputer utama (host) yang digunakan adalah M$ Windows XP.

VMware menyediakan tool agar kita mudah berpindah-pindah dari host (kompie utama, dlm kasus ini Windows XP) dan komputer guest (OS virtual, dlm kasus ini adalah Ubuntu 6.06). Tool tersebut harus diinstal terlebih dahulu. Gambar di bawah ini adalah instalasi vmware-tools di sistem operasi Ubuntu 6.06.

Gambar di bawah ini menampilkan situs om google yang diakses dari Ubuntu 6.06.


Oke de… segitu dulu…. Semoga berguna….

No comments: