Saturday, November 10, 2007

Custom Icon Flash Disk

Flash disk kini makin menjamur. Menggantikan dominasi disket beberapa tahun yang lalu. Jelas saja, harga yang murah dengan kemampuan menyimpan data yang besar. Flash disk dengan kapasitas 4 GB dijual dengan harga sekitar 350 ribu (Sumber: www.bhinneka.com, 10 Nopember 2007). Kalo mau yang lebih murah lagi bisa ke pajus (pajak USU). Flash disk dengan kapasitas 1 GB dijual dengan harga sekitar 100 ribuan. Apalagi kini rental-rental komputer sudah mendukung penggunaan flash disk. Makin banyak yang "say good bye" ama disket.

Kebanyakan pengguna flash disk sih nerima flash disk apa adanya. Nah, supaya flash disk kita berbeda ama "pengguna biasa", icon flash disk kita ubah dengan icon pilihan/bikinan kita sendiri. Caranya gampang:

(1) Siapin icon favorit kamu. File harus berekstensi *.ico dengan ukuran 16x16 atau 32x32 pixel. Untuk tipe file gambar yang lain saya belum coba. Kalo nilai menggambar kamu pas di esde tinggi, buat icon sendiri. Download aja software pembuat icon. Ada yang gratis dan ada yang bayar tentunya. Membuat icon secara on line juga ada. Salah satu situsnya adalah http://www.rw-designer.com/online_icon_maker.php. Simpan icon kamu di flash disk.

(2) Buka notepad, copas (copy paste) kode di bawah. Simpan di flash disk dengan nama autorun.inf.
[autorun]
icon=nama_file_icon.ico
Atribut icon berisi nama file icon yang akan kita jadikan icon flash disk (beserta path-nya).

(3) Buka windows explorer, dan lihat icon flash disk. Bila perubahan belum terlihat, restart PC anda.

Hasil:


Flash disk berlabel DANI-FLASH mempunyai custom icon.
Bandingkan dengan flash disk berlabel GWG.



NB:
  • Sistem operasi yang digunakan adalah M$ Windows XP SP2. Belum dites ke sistem operasi laen.
  • Sesi berikutnya, saya ingin membahas tentang bagaimana cara mengamankan autorun.inf anda dari serangan virus yang mengubah paksa autorun.inf, so keep tracking this site!

Semoga bermanfaat... :)

No comments: