Monday, October 1, 2007

Are They Microsoft Bloopers?

Beberapa hari yang lalu (tepatnya tgl 25 September 2007) gw nerima message dari temen. Isinya:

MAGIC #1

An Indian discovered that nobody can
create a FOLDER anywhere on the
Computer which can be named as "CON".
This is something pretty Cool...
and Unbelieveable. .. At Microsoft the
whole Team, couldn't answer why this
happenned!
TRY IT NOW, IT WILL NOT CREATE "CON"
FOLDER

MAGIC #2

For those of you using Windows, do the
following :

1) Open an empty notepad file
2) Type "Bush hid the facts" (without
the quotes)
3) Save it as whatever you want.
4) Close it, and re-open it.
is it just a really weird bug? =P

MAGIC #3

Microsoft crazy facts
This is something pretty cool and
neat ... and unbelievable. .. At
Microsoft the whole Team,
including Bill Gates, couldn't answer
why this happenned!
it was discovered by a Brazilian. Try
it out yourself...
Open Microsoft Word and type
=rand (200, 99)

And then press ENTER
Then see the
magic ............ .......... .........


Whoaaaaa, ini mah isu lama... Wadhuh.. kok bisa muncul lagi yah? Pertama-tama sih ga gw tanggepin. Tp loh, kok di milis banyak muncul isu itu lagi! Lagi, lagi, lagi dan huaaaaa... bosen de...

Demi mengungkap kebenaran (cieee... sok pahlawan euy), gw cari lagi infonya (udah lupa sih, abis da lama banget!), tujuannya agar gw ga ngasi informasi yang menyesatkan.

Berikut penjelasannya:

MAGIC #1
Folder yang dibuat dengan nama "con" memang tidak bisa dibuat di Windows. Karena nama ini merupakan 'reserved word' dari DOS yang berarti 'console'. Buka command prompt dan ketikkan "copy con tes.txt" (tanpa tanda kutip). Ketikkan beberapa baris seperti screenshot di bawah. Tekan Ctrl+Z diikuti dengan Enter untuk mengakhiri. Arti dari perintah "copy con tes.txt" adalah membuat file tes.txt di console. Sebagai pembuktian, cobalah buka file tersebut dengan notepad. Selain con, ada beberapa reserved word yang tidak bisa digunakan seperti aux, com1, com2, com3, com4, com5, lpt1, nul.

Membuat File Dengan Perintah Con

Hasil Pembuatan File Dilihat Dari Notepad

Satu hal yang dilebih2kan oleh pengirim asli message di atas adalah "At Microsoft the whole Team, couldn't answer why this happenned!". Bohong banget!

MAGIC #2
Menurut saya sih yang ini memang bug. Tapi ga aneh. Krn ini hanya soal perbedaan encoding yang digunakan untuk menyimpan file dengan encoding untuk membuka file. Pada kasus ini, mungkin si pengirim pesan yang asli emang gondok ngeliat tingkah laku om bush. Coba aja ganti kalimat tersebut dengan "Bush ate our lunch" (tanpa tanda kutip tentunya). Coba kombinasi kata yang lain, dengan syarat 4 3 3 5 (Bush = 4 huruf, ate = 3 huruf, our = 3 huruf, lunch = 5 huruf).

Jadi, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Not a big deal. Buat lagi kalimat seperti contoh, tetapi ketika akan menyimpan file, ubah bagian encoding (seperti gambar di bawah) menjadi Unicode. Tutup dan cobalah buka kembali file tersebut. Kata yang anda ketikkan masih tetap seperti semula.

Menyimpan File Teks Dengan Encoding Unicode

MAGIC #3
Ini bukan magic, dan bukan pula kebodohan Microsoft. Menurut saya ini merupakan salah satu fitur yang keren. =rand() merupakan salah satu perintah di Microsoft Word.

Syntax:
=rand(jlh_paragraf, jlh_kalimat)

Contoh:
=rand(5, 1)

Perintah ini akan menghasilkan lima paragraf yang masing-masing paragraf berisi satu kalimat "The quick brown fox jumps over the lazy dog.".

Trik ini digunakan untuk mengetes format sebuah paragraf, atau jenis huruf atau hal-hal lain yang berhubungan dengan paragraf. Perintah ini cocok bagi yang sedang belajar Microsoft Word. Daripada mengetikkan banyak kalimat (tentu membuang banyak waktu, apalagi kl masih mengetik pake 11 jari :p), dengan perintah ini beberapa kalimat dapat tersedia dalam hitungan detik. Si pengirim pesan melebih-lebihkan dengan memberikan parameter 200 dan 99, yang mengakibatkan kalimat "The quick brown fox jumps over the lazy dog." muncul hingga ± 235 halaman, sehingga tampak seperti kesalahan Microsoft Word. Yang bikin ga tahan adalah pernyataan si pengirim pesan "At Microsoft the whole Team, including Bill Gates, couldn't answer why this happenned!". Jadi pengen ketawa :D


Yah, begitulah penjelasan dari isu yang beredar (lagi). Mungkin beberapa tahun lagi bakal muncul isu yang sama, tetapi dengan penyampaian yang berbeda (who knows?) :D.


Semoga bermanfaat... :)

3 comments:

genrow said...

Yang di bahas mirip mirip ini lah

http://ebsoft. web. id/2007/08/22/tiga-hal-aneh-dalam-microsoft/#more-112

Dani Gunawan said...

Isu tersebut nyebar ke seluruh penjuru dunia. Soal source message yang asli, gw dapat dari tmen. Soal pembahasan, gw dapat dari berbagai macam narasumber, termasuk Microsoft. Dan semuanya gw simpulkan menurut pendapat gw. Mengenai kemiripan dengan pembahasan di ebsoft.web.id, sama sekali tidak ada hubungannya. Mungkin karena merunut dari sumber yang sama, maka kesimpulannya juga hampir sama. Anyway, kyknya lengkapan gw deh penjelasannya (pake screenshot lagi :D).

genrow said...

siip bang.. kalo ada yang lain mau oprek-oprek jangan sungkan-sungkan d share.. key :D