Friday, November 9, 2007

Customizing Flash Disk Background Image

Bosan dengan tampilan background flash disk yang "terlalu biasa"? Pengen nampilin gambar pacar anda di background flash disk? Bisa aja. Buka notepad, copas (copy paste) kode di bawah ini, dan simpan dengan nama "desktop.ini" (tanpa tanda kutip). Jangan lupa mengganti parameter Save as type menjadi All Files.
[extshellfolderviews]
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
ICONAREA_IMAGE=\dagu.net\pics\capoera_sunset.jpg
ICONAREA_TEXT=0x0000FF
ICONAREA_IMAGE merupakan path dimana anda menyimpan gambar yang akan dijadikan background flash disk. Tipe gambar boleh jpg atau gif (dua tipe file ini yang telah saya coba, untuk tipe yang lain anda bisa eksperimen sendiri).

ICONAREA_TEXT adalah hexadecimal dari warna teks. Standar warna yang digunakan adalah RGB (Red Green Blue). Susunannya adalah 0xBBGGRR. Diisi dengan dua digit hexadecimal (00 - FF). 0x0000FF adalah warna merah, 0x00FF00 adalah warna hijau, 0xFF0000 adalah warna biru. Keterangan lebih lanjut mengenai RGB bisa anda cari di Google.

Klik di sini untuk melihat tabel warna RGB atau cari di Google.

Yang perlu diperhatikan adalah, ICONAREA_TEXT menggunakan format BGR. Jadi untuk menggunakan hexadecimal yang sudah anda peroleh dari tabel warna RGB, anda harus membaliknya terlebih dahulu. Contoh, bila hexadecimal yang sudah anda peroleh adalah Light Slate Blue (8470FF), maka nilai ICONAREA_TEXT anda adalah 0xFF7084.

Contoh background di flash disk

NB:
  • Sistem operasi yang digunakan adalah M$ Windows XP SP2. Belum dites ke sistem operasi laen.
  • Sesi berikutnya, saya ingin membahas tentang bagaimana cara mengamankan desktop.ini anda dari serangan virus yang mengubah paksa desktop.ini, so keep tracking this site!


Semoga bermanfaat... :)

No comments: